Cara Mudah Upgrade OS Android Lama Menjadi Seperti Jelly Bean (4.1)


http://dailyjag.com/wp-content/uploads/2012/07/Android-4.1-Jelly-Bean.jpg

 Android versi Jelly Bean (4.1) merupakan sistem operasi Android terbaru yang baru-baru ini dirilis oleh Google. Berbagai modifikasi serta fitur-fitur baru banyak bermunculan pada versi ini. Bagi Anda yang memiliki device Android terbaru tentu tidak perlu merasa khawatir karena kemungkinan besar akan mendapatkan update dari vendor masing-masing. Namun hal tersebut tentu akan berbeda bagi Anda pemilik device Android keluaran terdahulu karena kecil kemungkinan akan mendapatkan update sistem operasi Jelly Bean (4.1).
Namun Anda tidak perlu merasa khawatir karena device Android lawas Anda pun tetap dapat merasakan lezatnya Jelly Bean dengan mengguakan beberapa aplikasi di bawah ini. Berikut AndroidKita akan mengulas cara upgrade OS Android menjadi seperti Jelly Bean untuk Anda.

Sebenarnya Jelly Bean tidak melakukan perubahan yang cukup signifikan terhadap launcher dari sistem operasi sebelumnya yaitu Ice Cream Sandwich. Namun apabila Anda menggunakan device Android yang berjalan pada sistem operasi Gingerbread ke bawah atau memiliki device Android Ice Cream Sandwich yang memakai launcher khusus seperti Touchwiz Samsung, maka Anda wajib menggunakan aplikasi Holo Launcher Replica besutan Mobint Software. Dengan aplikasi tersebut Anda dapat memiliki tampilan launcher yang serupa dengan yang terdapat pada Jelly Bean. Untuk mendapatkannya, aplikasi sebesar 1 MB ini dapat Anda download di sini.
Atau anda juga bisa langsung menggunakan Jelly Bean Launcher yang memliliki tampilan sama seperti Jelly Bean yang asli. Silakan download disini.

Sementara itu, untuk memiliki lockscreen yang serupa dengan Jelly Bean Anda dapat menggunakan aplikasi Holo Locker yang juga buatan Mobint Software. Untuk mendownload aplikasi 365 KB ini Anda hanya cukup mengarahkan browser Anda ke sini

Android Jelly Bean membuat sesuatu yang berbeda pada wallpaper mereka dibandingkan dengan Ice Cream Sandwich. Jelly Bean menghadirkan sebuah wallpaper yang sangat indah dengan cara memadukan warna-warna pelangi kedalam susunan yang sangat cantik. Selain itu, live wallpaper yang disediakan oleh Jelly Bean juga sangat memanjakan mata.
Untuk mendapatkan wallpaper Jelly Bean Anda hanya perlu megunduh aplikasi bernama Jelly Bean Wallpapers yang memiliki ukuran 5 MB. Aplikasi besutan kovdev ini dapat Anda peroleh di sini.
Sementara untuk mendapatkan live wallpaper Jelly Bean, Anda dapat menggunakan aplikasi bernama Jelly Bean Live Wallpaper yang dibuat oleh Wasabi. Aplikasi sebesar 1,4 MB ini dapat Anda Download di sini.

Untuk melengkapi tampilan Jelly Bean Anda, ada baiknya jika Anda juga mengganti status bar Anda dengan status bar yang lebih mirip dengan Jelly Bean. Oleh karena itu Anda harus mencoba aplikasi yang bernama Jelly Bean StatusBar. Aplikasi besutan Team Syndicate ini dapat mengubah tampilan Android Anda menjadi seperti Jelly Bean termasuk dengan berbagai pengaturan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Sebegai contoh Anda dapat mengatur ikon apa saja yang akan dimunculkan di status bar seperti wifi, GPS, Bluetooth, dan lain sebagainya. Selain itu, Anda juga bisa mengatur aplikasi apa saja yang tidak akan Anda tampilkan disana. Aplikasi yang hanya memiliki ukuran sebesar 400 KB ini dapat Anda unduh secara gratis di sini.

Salah satu bagian yang mendapat perubahan cukup besar pada Jelly Bean adalah keyboard. Perubahan tersebut adalah ditambahkannya fitur text prediction yang lebih baik sehingga akan menghemat banyak waktu Anda ketika mengetik sebuah pesan. Untungnya, di Google Play Store terdapat sebuah aplikasi yang dapat memberikan Anda fitur yang sama seperti yang ditawarkan oleh Jelly Bean, yaitu aplikasi Jelly Bean Keyboard besutan johntanmi. Dengan aplikasi tersebut, keyboard yang sama seperti yang digunakan pada Jelly Bean akan tampil di device Android Anda.
Namun sayangnya, untuk sementara aplikasi ini hanya dapat digunakan oleh pengguna device Android yang memiliki sistem operasi Ice Cream Sandwich, sehingga pemilik device Android bersistem operasi lawas belum bisa menggunakannya. Anda dapat mengunduh aplikasi yang memiliki ukuran 5,5 MB ini dapat Anda download di sini.

Untuk menginstalnya Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang telah disusun oleh seorang developer di sini.

26 comments:

  1. Permisi,
    Bagi agan-agan yang ingin membuka usaha
    Tapi bingung ingin membuka usaha apa dan hanya mempunyai modal kecil
    Tak usah bingung,silahkan buka usaha pembayaran online
    “ppob /online nasional”
    Satu deposit bisa melakukan transaksi berikut:
    Seperti listrik,tiket pesawat, tiket ka ,pln,pdam, telepon, speedy, kartu kredit, tv kabel, pulsa, kredit multifinance, dll secara mudah, murah namun tetap dengan dukungan teknologi yang handal dan sistem bisnis yang fleksibel dan menguntungkan.
    Hanya bermodal ‘rp.100.000,’
    Hubungi info lengkap: www.fastpaynasional.com
    Hp:081334560101

    ReplyDelete
  2. Gan kalo OS nya baru ginger bread bisa ga gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Min ICS , klw diugrade ke lebih tinggi biasanya tergantung sama hardware nya

      Delete
  3. Gan kalo OS nya baru ginger bread bisa ga gan ?

    ReplyDelete
  4. gan itu costum rom atw bukan??

    ReplyDelete
  5. gan itu costum rom atau bukan

    ReplyDelete
  6. Gan klo uda d upgrade apa bsa menggunakan aplikasi yg sama dgn jelly bean?

    ReplyDelete
  7. Cara upgradenya?

    ReplyDelete
  8. Cara upgradenya?

    ReplyDelete
  9. kalau sdh upgrade bisa ga instal aplikasi BBM

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak bisa , soalnya aplikasi ini hanya custom room

      Delete
  10. Bagai mana melakukan upgrade samsung gt i9070 jd jelly bean

    ReplyDelete
  11. kalau upgrade dari gingerbread langsung ke jelly bean ga masalah gan?

    http://jasaunbrickandroid.blogspot.com/2013/11/jasa-service-unlock-dan-unbrick-android.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya HP agak sedikit lemot jika di ugrade gingerbread ke jellybean

      Delete
  12. Custom Rom Android lengkap tapi ada efek samping ke handphone kita gak mas ?

    ReplyDelete
  13. thanks buat infonya gan,, sangat bermanfaat dan membatu sekali..

    ReplyDelete
  14. Terimakasih gan tipsnya ane udah praktekin tuh, Ram HP saya cuma 720-an gan bisa pakai kitkat ga ya? mohon tipsnya gan

    ReplyDelete
  15. Dasar gblok ! Gue jga tau itu, pke launcher klo mau ke jelly bean .... coba bsa kgak update melalui OTA

    ReplyDelete