Mega Proyek Terbesar di Dunia


Berikut ini saya sajikan daftar 10 Proyek Konstruksi Terbesar di dunia.

Industri konstruksi telah membuat kita kagum sepanjang sejarah peradaban manusia pada zamannya. Proyek-proyek ini telah berada di peringkat teratas berdasarkan perhitungan biaya, rincian biaya berdasarkan dolar AS. Namun anggaran tersebut tidak disesuaikan untuk patokan perbedaan yang signifikan dalam daya beli di beberapa negara.

Inilah Top 10 Proyek Konstruksi Terbesar di dunia :

1. South Valley Development, Mesir



Muncul beberapa pengembangan di gurun Sahara. Akses air yang bisa diangkut sebagai tanda awal tahap pembangunan utama. Tahap pertama dari mega proyek ini adalah Stasiun Pompa Mubarak, selesai pada 2003. Namun tidak ada pernyataan bahwa proyek ini merupakan stasiun pemompaan terbesar di dunia, dengan kapasitas air untuk menangani 25 juta meter kubik per hari. Air sungai Nil dipompa ke Kanal Sheikh Zayed, sepanjang 72-kilometer.

2. Jubail II, Saudi Arabia



Merupakan Sebuah proyek industri selama 22 tahun, Proyek ini mendapatkan ekspansi sebesar $ 80 miliar. Proyek ini akan memiliki efek ganda bagi penduduk daerah tersebut. Apabila selesai, kawasan ini akan terdiri dari 100 perencanaan industri, 800.000 meter kubik perencanaan desalinasi, bermil-mil route rel kereta api, jalan dan jalan tol dan kilang minyak yang memproduksi sedikitnya 350.000 barel per hari. Keseluruhan proyek ini dijadwalkan akan selesai pada 2024.

3. Dubailand, Dubai 



Dunia Walt Disney bisa masuk tiga kali lipat dalam kompleks ini. Dengan 278 kilometer persegi, Dubailand ditaksir memiliki anggaran $ 64 miliar dolar, Proyek ini akan memiliki enam bagian: taman hiburan, tempat olahraga, pariwisata, fasilitas kesehatan, area ilmu pengetahuan, dan hotel. Proyek ini juga akan memiliki hotel terbesar dengan 6.500 kamar dan salah satu Mall terbesar dengan sedikitnya 10 juta kaki persegi. Penyelesaian proyek ini diperkirakan tahun 2025.

4. International Space Station, Space



Stasiun Luar angkasa ISS mengelilingi Bumi setiap 92 menit dan telah dibuat oleh kemitraan antara 15 negara dan 5 badan ruang angkasa. Konsorsium ini akan menghabiskan $ 60 miliar selama tahun ke depan, mengupgrade peralatan yang diperlukan sehingga dapat terus melakukan misinya. Proyek ini hampir selesai dengan sentuhan teknologi mutakhir yang dibuat selama dua tahun terakhir.

5. South-to-North Water Transfer Project, China 





China Utara merupakan tempat tinggal bagi hampir 50% dari penduduk China, tetapi hanya memiliki 20% dari sumber daya air terdekat. Tiga dari sungai-sungai terbesar China akan memasok air ke daerah Utara dengan pembangunan tiga kanal, masing-masing lebih dari 600 mil. Ini adalah proyek 48 tahun, yang akan memerlukan relokasi beberapa ratus ribu habitat, namun ada kekhawatiran tentang potensi banjir dan masalah kualitas air. Ketika proyek ini selesai, proyek ini akan menghasilkan pasokan air 44 miliar meter kubik per tahun.

6. Yas Island Mixed-Use Complex, Abu Dhabi 



Proyek ini apabila rampung akan menjadi salah satu tujuan liburan utama rakyat timur tengah. Yas Island akan memiliki sebuah tempat pacuan kuda melalui laut dan berjalan di bawah Yas Hotel. Perusahaan lain yang sedang dibangun di sini adalah Ferrari World Abu Dhabi, taman indoor terbesar dunia Ini akan menjadi penghargaan untuk landmark Italia seperti Coliseum dan Venesia.

7. Songdo International Business District, South Korea 



Pembangun pusat kota baru di Incheon Korea, akan memiliki populasi lebih dari 60.000 dan gedung tertinggi Korea Selatan. Proyek konstruksi ini adalah perluasan lebih dari 1.500 hektar area dari laut.

8. Sellafield Nuclear Site, England 



Meliputi area lebih dari 700 hektar, tempat ini merupakan fasilitas pengolahan daur ulang bahan bakar nuklir pertama di Inggris . Mengandung pembangkit listrik komersial pertama di dunia nuklir, yang selesai operasi pada tahun 2003, ada beberapa pembersihan yang dilakukan.

Proses ini akan memakan waktu lebih dari satu abad. Pada 2120, situs Sellafield akan mencapai status brownfield.

9. Saadiyat Island Entertainment and Leisure Destination, Abu Dhabi 



Penjualan lahan untuk investor swasta, mereka memproyeksikan bahwa lokasi tsb semuanya akan dikembangkan sesuai dengan master plan. Keempat tempat budaya akan terhubung dengan Canal: sebuah cabang Louvre, cabang Guggenheim, pusat pertunjukan seni, dan sebuah museum warisan kebudayaan. Tahun 2018 proyek ini akan selesai dengan dilengkapi area laut, pantai dan banyak ruang rekreasi.

10. Great Man-Made River Project, Libya 




Proyek ini diharapkan bisa mengairi lebih dari 350.000 hektar dan menyediakan beberapa kota dengan pengairan, Libya telah bekerja dalam proyek ini sejak tahun 1985. Proyek ini akan menghasilkan air dari daerah batu pasir bawah tanah. Tiga tahapan proyek telah selesai; tahap keempat sedang berlangsung. Pekerjaan ini harus selesai pada tahun 2030.

0 comments:

Post a Comment