25 Tips dan Solusi Masalah Android

 

Meski sudah termasuk dalam golongan ponsel pintar, Android kerap memiliki masalah. Berikut ini sejumlah troubleshooting mengatasi sejumlah masalah yang dihadapi, lengkap dengan tips singkat untuk memaksimalkan ponsel-ponsel dengan sistem operasi android.



1. Android saya terus menerus menyedot pulsa, apa yang bisa saya lakukan?
Silahkan Anda masuk ke menu “Setting” > Wireless & network > Mobile network setting. Hilangkan tanda centang di bagian Data enabled untuk mematikan koneksi internet, jika Anda butuh koneksi tinggal centang kembali.

2. Apakah saya bisa menginstal file diluar Android Market?
Bisa. Silahkan Anda masuk ke menu “Setting” > Application. Beri tanda centang pada menu Unknown Source supaya aplikasi yang berasal dari luar Android Market dapat diinstal. Masukkan File Installer Android (biasanya berekstensi apk) ke dalam memori ponsel atau kartu memori. Dengan menggunakan aplikasi pencari file seperti ES File Explorer (free – bisa diunduh di Android Market), buka File Installer tersebut, maka proses instalasi akan langsung berjalan.

3. Bagaimana cara upgrade OS secara langsung dari ponsel Android?
Silahkan masuk ke menu “Setting” > About phone > System updates. Jika ada Upgrade Android terbaru, ponsel Anda akan langsung melakukan instalasi. Fasilitas ini tidak berlaku untuk semua ponsel Android dan yang memiliki fasilitas Instal langsung via internet (OTA – on the air).

4. Bagaimana cara menggabungkan kontak FB dan Twitter saya dengan kontak yang ada di ponsel?
Silahkan masuk ke menu “Setting” > Account and Sinc, kemudian pilih akun yang akan disinkronisasikan dari daftar akun. Selanjutnya pilih Sync Contact. Selain FB dan Twitter, Anda juga bisa menambahkan Contact dari akun lain (misal Whatsapp dan Yahoo).

5. Bagaimana supaya Android saya tidak boros baterai?
Silahkan lihat tipsnya 8 Tips Menghemat Baterai Android.

6. Darimana saya tahu versi Android saya?
Silahkan masuk ke menu “Setting” > About phone, akan terlihat spesifikasi ponsel Anda disana.

7. Apakah Android saya mendukung format flash? Bagaimana cara mengetahuinya?
Silahkan buka situs m.youtube.com dan coba mainkan salah satu video disana. Jika tidak bisa, silahkan instal aplikasi Flash Player yang dapat diunduh di Android Market. Jika tidak ada di menu atau tidak dapat diinstal berarti ponsel Android Anda memang tidak mendukung format flash.

8. Bagaimana cara mempartisi kartu memori?
Anda akan memerlukan sebuah komputer ber-OS Windows, card-reader (atau bisa juga dengan memakai ponsel Android) dan software MiniTool Partition Wizard yang dapat diunduh gratis di http://www.partitionwizard.com/free-partition-manager.html.

9. Bagaimana cara agar ponsel Android saya bisa memainkan beragam format video?
Anda bisa mencoba menginstal aplikasi video player alternatif seperti Qqplayer, Vplayer, atau Moboplayer. Semua tersedia secara gratis dan dapat diunduh di Android Market.

10. Apakah Android saya bisa diupgrade ke versi 4.0 atau Ice Cream Sandwich?
Ice Cream Sandwich butuh spesifikasi harware yang lumayan tinggi. Mungkin Anda akan kecewa karena Android Anda bakal mentok di versi Android tertentu. Untuk mengeceknya, silahkan masuk ke website offisial dari produsen Android Anda.

11. Bagaimana cara mengatasi Android saya pada saat menggunakan navigasi Maps Google terkadang tidak menunjukkan lokasi yang semestinya?
Selain memiliki modul GPS, untuk ketepatan penentuan lokasi sebaiknya Anda juga mengaktifkan koneksi internet. Silahkan masuk ke menu “Setting” > Location & security. Kemudian centang menu “Use wireless networks” dan “Use GPS Satelites”. Aktifkan GPS di ruang terbuka untuk menambah akurasi lokasi.

12. Bagaimana cara saya melihat aplikasi gratis yang bagus dan layak di Android Market?
Di Android Market terdapat fasilitas review, rating dan comment. Dan terlihat berapa orang yang telah mendownload aplikasi tersebut. Jika rating dan komentarnya bagus, juga jumlah pendowloadnya banyak, berarti aplikasi tersebut cukup populer dan layak Anda unduh.

13. Bagaimana cara mengaktifkan foto yang diambil dari kamera ponsel Android saya dapat menyimpan data lokasi (Geotag)?
Silahkan masuk ke menu “Setting” > Tag location. Settinglah dalam posisi On, maka semua foto yang Anda ambil akan menyimpan info lokasi pengambilan gambar.

14.Bagaimana cara agar aplikasi FB untuk Android dapat menampilkan status send via Android?
Aplikasi FB untuk Android saat ini memang tidak lagi menampilkan status via Android.

15. Apakah aplikasi Android aman dari virus?
Jika Anda unduh aplikasi dari Android Market, maka sudah terjamin aman. Yang beresiko adalah aplikasi dari luar Android Market atau aplikasi store resmi dan aplikasi yang telah dibajak/dicrack.

16. Apakah aman saya mencabut langsung memori dalam keadaan ponsel hidup?
Sebaiknya jangan dilakukan. Ini akan mengakibatkan umur kartu memori berkurang dan cepat rusak. Jika Anda memiliki fasilitas hotswap, sebelum mencabut memori masuklah ke menu “Setting” > SD Card & Phone Storage, kemudian tekan menu “Unmount SD Card”.

17. Bagaimana cara memindahkan aplikasi dari memori ponsel Android ke kartu memori eksternal?
Silahkan masuk ke menu “Setting” > Applications > Manage Applications. Anda akan melihat deretan aplikasi yang telah Anda instal. Pilih salah satu yang ingin Anda pindahkan dengan cara mengkliknya. Jika kompatibel, akan muncul pilihan move to SD Card. Tekan menu tersebut, maka aplikasi Anda akan berpindah ke kartu memori.

18. Bagaimana saya mengetahui aplikasi apa saja yang sedang berjalan dan bagaimana cara menghentikannya?
Silahkan masuk ke menu “Setting” > Application. Masuk ke menu “Running”. Setelah loading akan mucul data aplikasi apa saja yang sedang berjalan. Untuk mematikannya cukup tekan menu “stop”.

19. Bagaimana supaya Android saya aman digunakan saat berkendara?
Gunakan craddle untuk mobil/sepeda motor/sepeda. Aktifkan aplikasi Car Home (bawaan Android) sehingga menu akan mudah terlihat dan mudah digunakan satu tangan. Tidak disarankan untuk berkendara sambil menggunakan ponsel.

20. Bagaimana saya bisa memberitahu teman tentang lokasi dimana saya berada?
Anda bisa gunakan Google Latitude (bawaan Android). Caranya klik profil Anda di Google Latitude kemudian pilih send location to other.

21. Bagaimana cara menginstal Android saya di komputer (terkoneksi internet), walaupun tanpa ponselnya?
Silahkan masuk ke situs www.market.android.com, lakukan login dan pilihlah aplikasi yang hendak di instal. Klik tombol instal, kemudian akan muncul jendela konfirmasi, klik tombol instal. Jika ponsel Android Anda dalam keadaan hidup dan terkoneksi internet, ponsel akan secara otomatis mendownload dan menginstal aplikasi yang Anda pilih di komputer.

22. Apakah aman saya mencharge ponsel Android terus menerus?
Sebaiknya jangan dilakukan. Ini mengakibatkan supaya baterai Anda awet dan tidak cepat menggelembung. Sebaiknya cabut charger setelah penuh.

23. Bagaimana cara mengatur keamanan supaya tidak sembarang orang bisa membuka ponsel saya?
Anda cukup menekan tombol power / on-off, namun tombol jangan ditahan, layar akan mati dan telepon akan otomatis terkunci. Untuk menamabah variasi pnguncian tombol, Anda bisa menggunakan aplikasi pengunci tombol yang dapat Anda unduh di Android Market dengan gambar pattern yang unik dan sesuai selera Anda.

24. Bagaimana saya bisa membuka lock ponsel jika saya lupa password atau gambar pattern saya?
Setelah mencoba tunggu sampai 30 detik, kemudian coba lagi. Jika masih belum mampu mengingat patternya, akan muncul menu “forgotten pattern”. Masukkan alamat email gmail dan password Anda untuk membukanya.

25. Bagaimana cara meningkatkan keamanan Android saya dari serangan virus Android?
Anda punya banyak pilihan aplikasi di Android Market. Kebanyakan gratis dan berukuran kecil seperti Netqin, Antivirus Free, Dr. Web, Anti Virus Pro, Norton Security, Lookout Security, Zooner Anti Virus, Bitdefender dan masih banyak lagi. Silahkan pilih mana yang dirasa paling cocok untuk Anda

 Semoga Infonya Bermanfaat bagi Anda !



SUMBER

0 comments:

Post a Comment